Ga terasa, udah Desember aja nih sekarang. Bentar lagi udah tahun baru 2013. Ngebayangin moment pergantian tahun berasa menimbulkan makna tersendiri buat aku. Memang sih, ga ada acara khusus menyambut datangnya tahun baru, tapi akhir bulan menuju awal tahun memang sedikit terkesan berbeda.


Misalnya, flashback dua tahun kuliah. Padahal dari semester pertama udah sering presentasi, tapi semester tiga ini harus pula menekankan profesional look-nya, harus pake setelan dan sepatu kerja. Ketika memakai setelan dan sepatu kantor, berada di depan kelas mempresentasikan materi dengan rasa di hati bahwa nanti aku benar-benar bakal berdiri dengan pakaian yang sama namun bertitle berbeda. Waduhh, rasanya. Temen-temen yang lain udah duluan ngerasain “feel”-nya jadi seorang guru, aku belum nih.. Ngiri deh ya. Haha :p

Nilai menurun juga jadi faktor. Well, tentu ini bakalan terus aku pikirin, karena nilai IPK itu kan hasil usahaku berjuang selama kuliah. Kayaknya, ngeliat angkanya yang menurun itu sangat menyedihkan sekali meskipun masih di atas 3,50. Alhamdulillah.. Kalo nurunnya sampai di bawah 3,50, meskipun masih 3 ke atas tetep bakal bikin aku frustasi. Ngapain aja aku selama ini sampai bisa mengalami penurunan? Bahkanlhati pun bertanya-tanya.

Itulah, sekarang udah saatnya mulai kembali berpikir tentang tujuan awal ingin kuliah. Kepengaruh nonton adegan Queen Seon Deok nih, bagian Mishil ke lembah dan ngejelasin impiannya menjadi ratu Silla sama Bi Dam. Perasaanku bisa dibilang sama lah kayak dia, ingin mengingat lagi impian yang menggerakkan semangat dan menumbuhkn tekad untuk berjuang. Kembali ke titik tersebut biasanya susah banget, dan sekarang aku ngerasain hal ini. Soal nilai juga menimbulkan persoalan intens di kelasku. Banyak yang mulai ingin protes karena merasa ga sesuai dengan yang harusnya didapatkan. Aku rasa, sebagai mahasiswa dengan biaya kuliah yang ga sedikit ditambah keseharian konsumsi, nilai itu penting. Itu perjuangan mahasiswa. Orang bilang percuma jadi mahasiswa berprestasi di kuliahnya kalo akhirnya nanti ga sukses kerja. Tapi kita ini titlenya “mahasiswa” untuk sekarang. Kesuksesan yang saat kini kita capai adalah dalam ranah perkuliahan. Kuliah memang agar mudah kerja, kesuksesan kerja harafiahnya adalah pengulangan dari apa yang dicapai di kuliah. Kalo pun kerja ga sukses, masih tetap ada kebanggaan kesuksesan kuliah. Lha, kalo dua-duanya aja ga dapat, kan sama aja bohong?

Momen awal Desember sekedar jadi pengingat aja buatku bahwa waktu berjalan semakin cepat dan banyak yang telah berlalu tanpa disadari. Awal tahun nanti, entah apa yang akan terjadi. Besok dan seterusnya kita ga tau cerita yang akan berjalan. So, I think it’s the best to keep your dream and goal stay in your head so you know where to walk in the future. Selalu ingat apa yang menjadi tujuan dan impian awal sehingga jalan yang ditempuh ga belok-belok. Aku berharap bisa seperti ini; selalu ingat impian dan cita-cita dan ga pernah membuangnya. Semua orang punya cita-cita dan impian. Dan semua itu berhak untuk diwujudkan.

Advertisements